Perbaikan dan Rem

perbaikan-kaki-kaki

Perbaikan dan Pengecekan Kaki-kaki Mobil

Kondisi jalanan di Jakarta pada saat ini sudahlah tidak mulus. Dan hal itu bisa dicontohkan seperti banyaknya lobang yang berserakan di jalanan. Kondisi inilah yang membuat bagian kaki-kaki pada mobil Anda berkurang umurnya ataupun rusak

Kerusakan kaki-kaki mobil, akan membuat perjalanan Anda tidak nyaman. Misalnya ayunan mobil tidak seperti normal, mobil pada saat jalan lurus tidak stabil, rem yang kurang pakem, dan masih banyak lagi.

Berikut komponen yang harus diperhatikan dalam kaki-kaki mobil :

1. Bearing Roda

Bearing adalah yang berfungsi untuk membatasi permukaan yang sama sama bergerak ataupun antara permukaan yang bergerak dan ang tidak bergerak.

2. Shockbreaker

Shockbreaker adalah peredam kejut yang fungsinya meredam ayunan pada mobil anda.

3. Tie Rod dan Long Tie Rod

Tie rod dan long tie rod adalah merupakan bagian dari sistem steering atau kemudi mobil. Fungsi Tie Rod dan Long Tie Rod adalah untuk meneruskan putaran kemudi sehingga roda depan bisa belok ke kanan dan ke kiri.

4. Spooring

Adalah suatu pekerjaan penyetelan sudut-sudut geometri sebuah mobil yang berfungsi untuk mengembalikan geometri roda depan suatu kendaraan (yaitu sudut-sudut camber, caster dan toe) ke dalam spesifikasi awal dari produsen pembuat mobil.

5. Velg

Velg atau rim adalah lingkaran luar desain logam yang tepi bagian dalam dari ban sudah terpasang pada kendaraan seperti mobil. Sebagai contoh, pada roda sepeda di tepi lingkaran yang besar menempel pada ujung luar dari jari-jari roda yang memegang ban dan tabung.

6. Ban

Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban adalah bagian penting dari kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.

7. Rem

Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Karena gerak roda diperlambat, secara otomatis gerak kendaraan menjadi lambat. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan.

 

servis-rem

Servis Rem

Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Karena gerak roda diperlambat, secara otomatis gerak kendaraan menjadi lambat. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan.

Tentunya setiap sistem/komponen pada kendaraan akan tidak akan selamanya dalam kondisi yang baik. Jam terbang dan cara pemakaian kendaraan sangat mempengaruhi umur kendaraan. Selain itu juga ada beberapa komponen yang mempunyai batas pemakaian sehingga setelah melewati batas tersebut komponen tersebut harus diganti.

Pemeliharaan dan perawatan secara rutin memungkinkan sistem rem akan bekerja dengan baik, sehingga komponen pada sistem rem akan lebih tahan lama dan mengurangi beaya perawatan. Ada beberapa perawatan pada sistem rem, yaitu servis ringan yang berupa penyetelan dan pembersihan dikomponen-komponen. Untuk kondisi tertentu untuk penggantian komponen dan diperlukan overhoul pada sistem rem.