Pentingnya ABS Disandingkan Dengan EBD

Pentingnya ABS Disandingkan Dengan EBD – Pada mobil-mobil modern, keberadaan fitur keselamatan Anti-Lock Braking System (ABS) seperti sudah menjadi standar. Biasanya adanya ABS ini juga didampingi dengan EBD alias Electronic Brake Force Distribution.

EBD ini sudah termasuk dalam fitur keselamatan yang satu paket dengan sistem ABS. Namun demikian bukan berarti mobil yang sudah memiliki ABS pasti telah dilengkapi dengan EBD.

Seberapa berperan sebenarnya EBD ini untuk ABS?

Secara fungsi, EBD memiliki kegunaan untuk mengatur tekanan minyak rem di tiap roda, tergantung dari daya cengkeraman roda terhadap jalan. Biasanya, hal ini akan beguna saat bermanuver di jalan berkelok atau pada kondisi permukaan jalan yang tak sama daya cengkeramnya.

Sederhananya, EBD memiliki fungsi untuk membagi tekanan pengereman secara merata ke masing-masing roda mobil. Tekanan ini disesuaikan kembali dengan daya yang bervariasi tergantung kondisi beban tiap roda.

Saat pengereman mendadak, EBD akan bekerja sehingga membuat sebagian beban mobil akan bertumpu pada roda depan. Akibatnya, beban pada roda depan akan lebih berat dibanding roda belakang.

Sebab, bila tekanannya sama tapi beban tumpuan berbeda, bisa berpotensi selip pada ban belakang dan ban depan kehilangan cengkeraman.

Source : otosia.com