Mengenal Manfaat Ban RFT di Jalan Raya

Mengenal Manfaat Ban RFT di Jalan Raya – Di Indonesia terbilang masih tinggi angka kecelakaan di jalan raya akibat kehilangan tekanan angin pada ban. Hal tersebut sebetulnya bisa dihindari dengan penggunaan ban Run Flat Tyre (RFT).

Sayangnya RFT masih terbilang terbatas digunakan pada kendaraan tertentu, hal ini karena mahalnya riset dan struktur pada ban, termasuk pada penggunaan velg khusus RFT. Harga sebuah ban RFT saja bisa tembus Rp 6 juta per ban.

Di Indonesia, beberapa merek mobil sudah menerapkan RFT sebagai fitur standar. Salah satunya BMW Group Indonesia yang membekali semua produknya dengan RFT baik BMW dan Mini. Sedangkan pemakaian RFT dilakukan BMW sejak tahun 2006 yang diandalkan pada Seri 3 (E90).

Ban RFT saat itu sempat alami kritik dari pemilik kendaraan yang mengatakan “bantingan” jadi keras. Namun seiring teknologi, RFT menyuguhkan kenyamanan yang lebih baik dari tipe ban tubeless standar.

Pemilihan RFT sendiri lebih kepada peace of mind konsumen. Sebab kalaupun ban tanpa tekanan angin, mobil masih tetap bisa berjalan dengan kecepatan tertentu sampai tempat aman.

Saat mobil melaju pada kecepatan tinggi, ketika ban RFT kehilangan tekanan angin secara tiba-tiba, tinggi ban antara ban lain yang masih ada tekanan angin akan tetap sama. Sehingga tak berpengaruh besar pada pengendalian ketika berusaha untuk menepikannya.

Biasanya penggunaan ban RFT disandingkan dengan pendeteksi tekanan ban yang muncul di panel instrumen akan mengingatkan pengendara untuk memberikan tekanan angin sesuai pada ban.

Source : dapurpacu.com