Jaguar Land Rover Punya Mesin dan Transmisi Baru

jaguar-mesin-baru

Jaguar Land Rover Punya Mesin dan Transmisi Baru – Pekan ini Jaguar Land Rover (JLR) sudah mulai memproduksi mesin anyar yang berlatar teknologi guna lebih efesien, rendah emisi dan tetap bertenaga. JLR menyebutnya sebagai mesin bensin Ingenium.

Fasilitas produksi Jaguar Land Rover Engine Manufacturing Centre diyakini menelan biaya £1 miliar atau setara Rp 17,6 triliun. Diproyeksikan di Inggris untuk desain, rancang bangun dan produksi yang diyakini sebagai perusahaan tercanggih dalam mengembangkan mesin.

Adapun mesin Ingenium ini diharapkan mampu menekan penggunaan bahan bakar 15% dan lebih bertenaga 25% berbanding mesin terdahulu.

Teknologi terdepan seperti katup electrohydraulic, integrated exhaust manifold dan twin-scroll turbocharger dengan teknologi bearing dari keramik ditemui pada mesin bensin Ingenium.

Selain itu, fasilitas produksi Jaguar Land Rover juga meracik transmisi TRANSCEND. Diklaim menelan biaya hingga £30 juta atau setara Rp 528,5 miliar.

Diyakini transmisi TRANSCEND ini sangat inovatif dengan rentang rasio 20:1, memungkinkan mobil merayap pasti, dipadu kopling ganda dan teknologi hibrid dengan tingkat keiritan bahan bakar 10%.

TRANSCEND memiliki kemampuan dua kali berbanding transmisi 8-percepatan, bobotnya lebih ringan 20 kg. Memungkinan dipasangkan pada mobil berpenggerak roda belakang dan empat roda.

“Perhatian terhadap perkembangan lingkungan menjadi bagian penting strategi kami guna menguragi emisi samapai tahun 2020 dan seterusnya. Dihadirkannya mesin Ingenium serta perkembangan transmisi secara berkelanjutan seperti TRANSCEND memungkinkan masa depan kendaraan JLR akan rendah CO2. Pada tahun 2020, teknologi baru akan semakin jauh menekan emisi gas buang lebih dari 25%,” ujar Nick Rogers, Group Engineering Director JLR.

Source : dapurpacu.com