4 Tips Menjaga Performa Mobil Diesel Modern Kamu

4 Tips Menjaga Performa Mobil Diesel Modern Kamu

4 Tips Menjaga Performa Mobil Diesel Modern Kamu – Mesin diesel modern  berteknologi common rail saat ini sudah bisa ditemui di hampir semua model dan merek. Teknologi yang tergolong canggih untuk menekan konsumsi bahan bakar ini tentunya wajib punya perlakuan khusus agar selalu bekerja optimal.

Teknologi ini menggunakan pengontrol katup solenoid elektronik yang memungkinkan solar terinjeksi sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Bisa dibilang semua mekanisme pengabutan solar pada commonrail diatur secara elektris, maka keuntungannya dari ketepatan dan presisi sudah pasti didapat.

Laman resmi Mitsubishi Indonesia menjelaskan beberapa hal yang wajib Anda lakukan agar mobil diesel common rail selalu berperforma optimal. Sangat pas diterapkan pada pengguna model diesel seperti Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Innova, Chevrolet Trailblazer dan sejenisnya.

1. Gunakan BBM Bersulfur Rendah
Mesin diesel modern commonrail membutuhkan bahan bakar dengan kandungan sulfur rendah. Solar yang tidak sesuai rekomendasi dapat menyebabkan penyumbatan di saluran-saluran kecil pada sistem commonrail.

2. Rutin Periksa Filter Solar
Pastikan bahwa filter solar rutin diperiksa untuk mengetahui kondisinya. Filter solar yang kotor ditandai dengan menurunnya performa saat mesin berada diputaran tinggi. Jika filter solar sudah dipenuhi kotoran akan membuat indikator yang terdapat di meter cluster menyala.

4 Tips Menjaga Performa Mobil Diesel Modern Kamu

3. Rawat Rutin Nosel Injektor 
Menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi pabrik dapat mengurangi usia pakai injektor. Indikasinya melalui asap yang keluar dari knalpot yang berwarna pekat dan mesin terasa pincang. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin pada injektor saat perawatan berkala.

4. Pantau Selalu Kondisi Filter Udara
Rutin memeriksa kondisi filter udara menjadi sebuah keharusan. Filter udara yang kotor dapat mengurangi debit udara yang masuk kedalam ruang bakar sehingga performa menurun. Penggantian filter udara direkomendasikan untuk dilakukan secara berkala sesuai standar yang terdapat pada buku petunjuk perawatan kendaraan.

Source : otodriver.com